The Cloud Home
by Eleazhar P.
:: Wednesday, December 16, 2009
Hanya Lampu

Lampu, cahaya, pohon, ada sejenak rasa teduh. Di sudut ruang hotel di kota ini. Ah, ternyata sudah saatnya musim itu datang. Satu dalam banyak saat-saat yang dipilih sebagai satu peringatan. Natal.

Aku baru sedikit tersadar malam ini. Walau Jumat minggu lalu sebenarnya sudah menghadiri perayaan Natal untuk karyawan yang berkantor di Gedung BEJ. Atau saat berjalan-jalan mengitari Pacific Place dan Plaza Semanggi selama tiga minggu terakhir. Disini, suasana ini lebih terasa di mal-mal besar ibukota. Entah. Sedikit penambah pesona untuk kaum sosialita penggila belanja negeri ini, mungkin.

Bertahun-tahun, aku tidak menyukai perayaan ini. Sedikit kesesakan. Segores luka. Orang, orang. Beberapa orang. Mereka yang memonopoli Tuhan. Tuhan? Tuhan itu apa, siapa bagi mereka? Dan Natal itu, beberapa revolusi lalu, jadi titik balik cara pandangku. Tentang orang, pencarian hidup, tentang musim, peradaban, manusia, dan Dia Yang Disembah itu. Dan orang-orang itu, yang kerap menyebut Tuhan dengan lidah, aku menghindari mereka. Aku tak pantas, terlalu najis berada di dekat mereka. Seperti cap yang mereka tempelkan di jidat ini.

Ah, lebih enak begini... Berteman dengan bayanganku sendiri. Merayakan Natal dengan langit sebagai atap gedungnya. Beribadah di kapel semesta. Kristus sebagai Imamnya.

Kalaupun ada keharusan harus bergabung dengan orang dalam perayaan ini, aku akan masuk dalam rumah ilusi yang kubangun sejak kecil. Tenang, sunyi, sendiri, di tengah keramaian orang yang mengitariku. Melindungi hatiku dari apa yang kulihat, kurasa.

Aku tak menyukai perayaan ini... Aku tak boleh ada di dekat mereka.

Labels: ,

Eleazhar P. @ 12/16/2009 10:50:00 PM. 3 comments.
Read full post with comments.
:: Thursday, December 3, 2009
Webdesigning. Memahat, Memoles, Merias.

Tadinya, pengen nulis sesuatu tentang tanggal bersejarah ini, 3 Desember; hari pertamaku masuk dunia kerja, dua tahun lalu. Tapi malas ah... Entar ceritanya itu-itu lagi. Kayak kaset lama yang terus diputar, mirip "kebodohan" orang zaman dulu yang rela ngabisin duit untuk beli kaset lawak. Termasuk aku dulu, yang pernah beli (dibelikan, edited) kaset cerita Power Rangers sama Puput (Melati atau Novel, ya? Ah, lali aku) plus Pak Raden. Haha... Jadi aku buang itu ide melankolis mendayu-dayu "ihikhik... Malam itu, di kamar, dia merenung, ada sedikit rasa bangga, ada rasa kecil hati. Oh, gitu ya dunia kerja?" Huek, puh! Anyway, it's over, Ele. It's over... :)

Ah, sudahlah... Kembali ke judul.

Pagi ini di kantor, waktu monitoring work order yang suspended, aku curi-curi dengar obrolan Project Manager sama salah satu stafnya, temen PS (Professional Service). Ada disebut-sebut tentang "homepage, frontpage, html, desain", pribadi lebay di dalamku langsung teriak, "eh, dengar itu, dengar Eleee!". Dan pribadi galak di dalamku sontak ngamuk, "diam kau! Tenang sikit... Kerjaanmu urus! Ngapai ikut dengar2 kerjaan orang. Cepat exception action itu kau buat, sebelom lebih banyak komplen masuk ke inboxmu! Manalah sama persis mendesain page untuk ATM dgn yang buat webpage?!" Hahaha... Kek minta ditonjok ini orang.

Dan sorenya, ada friend request di FB dari seorang senior di SMA dulu. Berlanjut cerita-cerita tentang tim desain web sekolah, yang namaku ternyata tercantum sebagai tim teknis. Hihihi... Aduh, manusia lebay di dalam jadi rada terharu plus senang, sementara si galak ngingatkan untuk fokus ke kerjaan yang gak pernah habis. Pusing di titik ini. Bener...

Dan terakhir tadi pas maghrib sewaktu OB lagi bersih-bersih, aku baca e-mail dari rekan akuntan publik, eh, di signature ada URL webnya. Diklik, jreng! Wow... A clean design, tableless, well-built CSS yang biasa aku buat. Wow, wow, and more wow!... Pengen ngedesain lagi! Pengen, pengen, pengen... Memahat webpage dengan sintaks-sintaks yang seksi itu, secara tableless! Dengan panduan filosofi-filosofi abstrak Pisces. Terus, memoles meriasnya (kek bahasa b*nci aja pun) dengan "kosmetik" CSS, animasi GIF yang pake layer itu, dengan bantuan software imaging gratisan yg ciamik itu, GIMP! I wanna do it again!...

Kapan bisa ada waktu untuk ngerjain hobi ini lagi ya?... Sekalian aku jualan aja ya? Hei, satu desain seharga sekian loh... Hahaha... Preettt!...

Labels: , ,

Eleazhar P. @ 12/03/2009 11:25:00 PM. 0 comments.
Read full post with comments.
  Web This Blog

 

:: Blogger + Designer

Eleazhar Purba. Indonesian, living in Jakarta. A parts logistics lead who is interested in arts, writings, designs, photos, and the universe. More...
Find me on:

:: Categories

:: Featured

:: Monthly Archives

:: Current Posts