The Cloud Home
by Eleazhar P.
:: Wednesday, December 16, 2009
Hanya Lampu

Lampu, cahaya, pohon, ada sejenak rasa teduh. Di sudut ruang hotel di kota ini. Ah, ternyata sudah saatnya musim itu datang. Satu dalam banyak saat-saat yang dipilih sebagai satu peringatan. Natal.

Aku baru sedikit tersadar malam ini. Walau Jumat minggu lalu sebenarnya sudah menghadiri perayaan Natal untuk karyawan yang berkantor di Gedung BEJ. Atau saat berjalan-jalan mengitari Pacific Place dan Plaza Semanggi selama tiga minggu terakhir. Disini, suasana ini lebih terasa di mal-mal besar ibukota. Entah. Sedikit penambah pesona untuk kaum sosialita penggila belanja negeri ini, mungkin.

Bertahun-tahun, aku tidak menyukai perayaan ini. Sedikit kesesakan. Segores luka. Orang, orang. Beberapa orang. Mereka yang memonopoli Tuhan. Tuhan? Tuhan itu apa, siapa bagi mereka? Dan Natal itu, beberapa revolusi lalu, jadi titik balik cara pandangku. Tentang orang, pencarian hidup, tentang musim, peradaban, manusia, dan Dia Yang Disembah itu. Dan orang-orang itu, yang kerap menyebut Tuhan dengan lidah, aku menghindari mereka. Aku tak pantas, terlalu najis berada di dekat mereka. Seperti cap yang mereka tempelkan di jidat ini.

Ah, lebih enak begini... Berteman dengan bayanganku sendiri. Merayakan Natal dengan langit sebagai atap gedungnya. Beribadah di kapel semesta. Kristus sebagai Imamnya.

Kalaupun ada keharusan harus bergabung dengan orang dalam perayaan ini, aku akan masuk dalam rumah ilusi yang kubangun sejak kecil. Tenang, sunyi, sendiri, di tengah keramaian orang yang mengitariku. Melindungi hatiku dari apa yang kulihat, kurasa.

Aku tak menyukai perayaan ini... Aku tak boleh ada di dekat mereka.

Labels: ,

Eleazhar P. @ 12/16/2009 10:50:00 PM.

3 Comments:

  • On December 27, 2009 at 11:33 AM, Anonymous Anonymous said,
  • "why dissapear le??Sengaja ya blok list kita2 dr daftar temanmu???"
     
    "@Vera
    Nggak kok, Ver. Cuma mau menyepi sementara aja. :)"
     
  • On January 3, 2010 at 7:59 AM, Anonymous Anonymous said,
  • "Where ur story?? i still waitin...."
     

    Post a Comment

    Back to blog homepage...
      Web This Blog

     

    :: Blogger + Designer

    Eleazhar Purba. Indonesian, living in Jakarta. A parts logistics lead who is interested in arts, writings, designs, photos, and the universe. More...
    Find me on:

    :: Categories

    :: Featured

    :: Monthly Archives