The Cloud Home
by Eleazhar P.
:: Tuesday, July 20, 2010
Berlibur di Pulau Program Konservasi Elang: Pulau Kotok

Berlibur di Jakarta nggak cuma identik dengan menghabiskan waktu dan uang di mal-mal mewah semacam Grand Indonesia, Senayan City, atau Pacific Place yang ada di depan kantor kami, ataupun mengunjungi wisata Kota Tua dan bangunan-bangunan bersejarah lainnya. Kalau mau melihat dan mengalami sisi menarik dan indah lainnya di Jakarta, kamu bisa mengarahkan pandangan ke Kepulauan Seribu di utara Jakarta. Menarik dan indahnya dalam hal apa? Yuk, baca terus post ini.

Sabtu dan Minggu, 17 - 18 Juli kemarin, kantor kami punya hajatan outbound, tepatnya gathering karyawan di salah satu pulau di sisi utara Kepulauan Seribu, bernama Pulau Kotok (Kotok Island). Just FYI, untuk bisa berlibur di pulau ini, kamu sebaiknya tanya-tanya dulu ke pengelola pulau ini, karena seperti umumnya pulau-pulau di wilayah ini, ada pengelola khusus di tiap-tiap pulau. Mereka lah yang akan menyiapkan segala keperluan kamu dan fasilitas berlibur yang kamu akan pakai selama berlibur, yang biasanya dikemas dalam bentuk paket.

Untuk mencapai Pulau Kotok, kami berkumpul dulu di Marina Ancol, berikut dengan rombongan lain yang sudah mem-booking paket wisata ke pulau itu. Dengan menggunakan ferry mini (boat, tepatnya), dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk tiba disana, begitupun sebaliknya. Once you arrived there, you'll then see a beautiful small island with several small satellite islands around. Setibanya di dermaga, kamu bisa melihat laut biru kehijauan, pepohonan khas pantai, dan biota laut (termasuk kucing-kucing lokal yang superramah dan jinak, hehe). Cukup memuaskan jiwa kalau kamu merasa sangat jenuh beraktivitas di Jakarta.

Di pulau ini cukup banyak fasilitas yang bisa kamu manfaatkan; ada resort bergaya rumah kampung yang berlokasi di dalam pulau, restoran mini di pinggir laut dengan pilihan masakan Indonesia atau luar (Masakan Barat. Kebetulan selama disana, kami berjumpa dengan beberapa turis asal Brazil, Italia, dan Asia Timur), mini club, kapal untuk memancing di perairan sekitar pulau, fasilitas diving dan snorkelling (yang sayangnya fasilitas diving ini nggak aku manfaatkan karena ada gangguan kesehatan). Kalau kamu masih pemula di diving, disarankan untuk menjalankan training dulu dan bersertifikat, kalau belum mahir dan paham dasar-dasar diving, mungkin kamu akan diberi training singkat dan menyelamnya pun hanya di sekitar dermaga saja. Nggak usah kecewa, ber-snorkelling sajapun mungkin cukup memuaskan, karena biota laut perairan di sekitar dermaga cukup bagus dilihat dengan ber-snorkelling.

Begitu semuanya sudah kamu coba, beristirahatlah di area-area santai di sepanjang pantai. Ini pulau yang sangat sepi dan so private, dan cukup "aman" kalau kamu mau berjemur di pantai. Hehe... Laguna buatan yang ada pun sudah cukup bagus.

Sedikit kekurangan mungkin di masalah fasilitas penginapan, dengan kelas "ekonomi" mungkin kita nggak akan mendapatkan fasilitas yang "terlalu baik"; seperti toilet yang kurang lancar, dsb. tapi cukuplah untuk bisa tidur nyenyak dengan pendingin ruangan dan alam yang tenang (walau saat itu cuaca cukup lembab). Selebihnya, kekurangan yang ada rasanya pun cukup tertutupi dengan apa yang kita dapat dari alam dan pengelola pulau.

Oh ya, jangan lupa berkenalan dengan kucing-kucing yang ada di sana. Sangat jinak dan ramah. Juga dengan biawak-biawak, dan tentunya burung elang -sebagai icon pulau ini- yang bisa saja terbang mendekatimu pada saat menikmati makanan di restoran.

So, plan your trip now. Nggak perlu jauh-jauh ke Bali kalau yang tersedia oleh alam di dekat Jakarta sudah cukup bagus untuk dikunjungi untuk berlibur, memberi waktu sebentar bagi jiwa untuk menenangkan diri. Untuk informasi detil, kamu bisa kontak langsung pengelolanya dan tanya ini-itu dengan mereka.

Have a nice holiday! :) Eh, kelupaan... Ini oleh-olehnya di bawah.

(This post is not an advertisement. All are written as personal expression & experience.)

Labels: , ,

Eleazhar P. @ 7/20/2010 09:39:00 PM.

4 Comments:

  • On July 21, 2010 at 10:34 AM, Anonymous Anonymous said,
  • "weh perfect holiday,,,serru neh liburanmu le,,menyejukkan hati bacanya,,,yg gak enaknya da kucing nya lagi..but its okelah so far lokasinya bagus yaa,,,"
     
    "thank you vera... :)"
     
    "asiknyaaa. nanti pas mengunjungi teman *kapan yak?* pingin nyulik orang wat liat itu. hoho...*"
     
    "@putri. Ayo, main2 ke Pulau Kotok. :)"
     

    Post a Comment

    Back to blog homepage...
      Web This Blog

     

    :: Blogger + Designer

    Eleazhar Purba. Indonesian, living in Jakarta. A parts logistics lead who is interested in arts, writings, designs, photos, and the universe. More...
    Find me on:

    :: Categories

    :: Featured

    :: Monthly Archives