The Cloud Home
by Eleazhar P.
:: Tuesday, July 13, 2010
Hati. Kamu. Jari. (2)

Kepada dia yang selalu berdiri di lobi gedung di depan gedung tempatku menjalankan keseharianku...

Kemana kamu selama ini? Sudah berminggu aku tidak melihatmu berdiri di lobi pada jam-jam kamu biasa berada. Di jam istirahat siang kah? Kamu tahu, aku mencari-carimu! Hei, sudahlah... Aku hanya mau bercerita padamu.

Kawan, sejak aku bisa berkata aku bisa mengendalikan diriku karena aku belajar untuk berdiam dan tenang darimu, entah kenapa, aku akhir-akhir ini merasa kalau aku malah menjadi terlalu tenang. Terlalu tenang.
Sangat. Sangat pasif. Aku malah menerima teguran. Teguran dari dalam hatiku. Hahaha...

Entahlah. Mungkin aku perlu belajar lagi padamu. Aku salah mengambil inti pelajaran hidup ini. Ajari aku. Sekali lagi.

Sebentar, sebentar...
Kenapa dengan kedua matamu?
Salahkah yang kulihat dan kurasakan?
Ada sinar aneh memantul... Airmata? Kamu menangis?
Ada apa kawan?... Berceritalah... Adakah aku berbuat salah padamu?
Adakah perkataanku yang membuatmu tidak nyaman?

Aku berhutang banyak padamu. Adakah yang bisa kubantu?
Airmata itu menutupi sinar kehidupan yang keluar dari hatimu, aku tidak bisa membaca hatimu. Benar. Aku tidak bisa mengerti dirimu kali ini...

Tentang apa?
Kamu kehilangan pekerjaan?
Proyekmu gagal?
Kekasihmu mencampakkanmu?
No... No... Nggak. Nggak mungkin. Bukan hal-hal itu.
Kamu adalah salah satu orang terkuat yang pernah aku kenal, meski aku tidak tahu namamu.
Bukan hal-hal yang seperti itu yang membuatmu segampang itu menunjukkan kesedihan. Ada hal yang lebih besar dari itu.

Usap airmatamu! Let me read the message inside out!...
Biarkan aku tahu masalahmu. Bagi padaku kesedihan itu.
Aku benar tidak tahan melihatmu seperti ini!

Oh, Tuhan... Kenapa dengannya?

Jam berapa ini? Hei, ini jam bebas! Aku akan kembali ke kantor, mengeluarkan laptopku, aku akan mencari tahu ada apa dengannya!
Hahahaha...

Aku akan mencari data perusahaan apa saja yang menjadi tenants di gedung depan...
Dengan list tenants itu, aku akan persempit pencarianku dengan kategori dan kultur perusahaannya. Cara berpakaiannya, hmmm... pasti tenant yang ini, ini, ini, dan yang itu.

Thanks to Heaven we have internet!
Dengan mudah aku akan mendapat jawaban.
Facebook!!!...
Perlahan, telaten, sabar.
Aku mulai melihat-lihat profil yang tidak terproteksi milik para karyawan di daftar tenants di tanganku.

...
...
...

Dan aku menemukan profilnya!
Dan aku menemukan jawabannya...
Dan aku lalu tahu penyebab airmata itu...
Dan aku akhirnya tahu nama kawan yang kukenal tapi tak pernah kutahu namanya sebelumnya...

Masihkah ia di bawah sana?
Jangan sampai telat, hai diriku. Ini hari terakhirnya di kota ini sebelum berpindah ke kota lain.
Lari! Lari!!! Cepat!...

Ia masih berdiri di sana!!! Dan... Ia segera berpaling, masuk...

Sudahlah...
Segala yang terbaik kuharapkan dicurahkan kepadamu, kawan.
Segala yang terbaik...
Entahlah kapan lagi, aku bisa menceritakan hari-hariku padamu. Entah kapan aku bisa menjadi tenang lagi, dan merasa mendapatkan kekuatan baru hanya karena perkataan-perkataanmu yang keluar dari hatimu melalui matamu.

Kesedihanmu. Masa depanmu...
Hatiku terus belajar darimu.

Seperti statusmu di Facebook minggu lalu...
Aku, akan "Mencoba lompat dari lumpur ini sekali lagi. Walau berat, tapi pasti bisa!"
Sayang sekali, aku tidak akan pernah bisa menambahkanmu dalam daftar temanku. Karena bila aku menjelaskan dari mana, dari siapa aku mengenalmu, maka aku pun tidak tahu jawabannya.

(Setting up someone in memory...)
Related posts: Hati, Kamu, Jari.. This was also published at Facebook Notes.


Ele Purba
Sent from my iPod.

Labels:

Eleazhar P. @ 7/13/2010 09:31:00 PM.

2 Comments:

"gw tebak neh, pasti security orangnya...

hahahaha"
 
"Bukannn....
Ini simbol semata. Mana mungkin aku bisa melihat mata orang dari BEJ ke lobi Pacific Place. Saya rabun jauh kok. Hahahahaha...."
 

Post a Comment

Back to blog homepage...
  Web This Blog

 

:: Blogger + Designer

Eleazhar Purba. Indonesian, living in Jakarta. A parts logistics lead who is interested in arts, writings, designs, photos, and the universe. More...
Find me on:

:: Categories

:: Featured

:: Monthly Archives