The Cloud Home
by Eleazhar P.
:: Sunday, October 30, 2011
My Love For The Rain

I've decided to be silent and to wait
For such thing I call the certainty
Tell him, Father, that I miss him
Tell Him, father, that I miss Him
I miss him like the desert misses the rain...
Adalah hujan yang saya tunggu-tunggu sejak beberapa waktu lalu, untuk tercurah di atas kota yang saya diami ini. Rasa penat, ketidakteraturan, kebisingan, seketika hening dan terdiam saat curahan air terjatuh dari langit.

Dan saat ini, saya menginginkan untuk sejenak berada di kota kecil yang saya tinggali berpuluh tahun lamanya sebelum perantauan saya ke tanah ini. Dan kemarin, 29 Oktober, adalah genap empat tahun saya meninggalkan kota kecil itu.

Seketika saya melihat kembali gambar-gambar yang saya ambil beberapa hari lalu di lokasi proyek. Saya merekam jejak hari sebelum dan sesudah hujan pada siang itu, dan saya teringat jelas pada hari saya meninggalkan kota itu. Siang yang panas, ibu saya yang sibuk mencari tiket pesawat, dan bapak saya yang menemani saya di penerbangan hingga beberapa hari di kota saya yang baru saat itu.

Hujan di sepanjang penerbangan, dimulai dari detik-detik lepas landas di Medan hingga menjejak kaki di Cengkareng, adalah hal yang mendamaikan saya, meski tetap membuat saya takut sepanjang di udara. Tapi tetap adalah bapak saya yang menjadi sumber kekuatan saya saya itu. Sama seperti saat saya mengikuti wawancara kerja beberapa hari setelahnya, bapaklah yang masih menunggui saya di luar resto di mall besar itu, setelah saya memintanya untuk menunggu di luar saja, karena saya tidak mau dicap anak manja oleh para pewawancara saya saat itu.

Di kota kecil itu pula saya bertumbuh dengan adik-adik saya. Dan saya masih mengingat jelas tentang suatu pagi di waktu musim liburan sekolah. Anak-anak di rumah itu, kami, masih bermalas-malasan untuk melakukan apapun. Cuaca yang dingin, hujan yang tercurah dengan derasnya, dan langit yang gelap kelabu, sesiapapun masih ingin melanjutkan tidurnya. Tapi tidak lama, ibu kami tiba di rumah setelah berbelanja bahan makanan. Saya ingat jajanan pasar yang dibelikannya; kue dadar guling berwarna hijau, kue lapis legit, dan roti ketawa. Kesemuanya hingga kini adalah kue-kue kesukaan saya. Tetap dan untuk selamanya. Dan hanya sorak senang yang bisa saya luapkan saat itu.

Dan kini, sebagai laki-laki dewasa muda, adalah tidak mudah bagi saya untuk menyampaikan isi hati dan perasaan saya di depan orang. Kalaupun ada orang yang tepat menurut saya untuk saya bisa mengatakan kesusahan hati ini, katakanlah ibu saya, orangnya tidak ada di dekat dan depan saya. Saya jauh lebih menyukai untuk berbicara langsung berhadap-hadapan, daripada berkomunikasi suara atau kata menggunakan teknologi masa sekarang. Saya pun tidak ingat kapan terakhir kali saya menangis menumpahkan beban berat yang sudah tidak terkatakan lagi dengan kata-kata. Mungkin beberapa bulan lalu. Mungkin juga saya menangis akhir-akhir ini, tapi hanya berupa tetes di mata yang tidak sempat mengalir, hanya karena terharu akan beberapa hal.

Dan hujanlah kini dan masih menjadi lukisan alam yang saya benar-benar sukai. Gemuruh petir, tetes air, kemuraman langit, dan keheningan alam setelah diredam riuh berisik tapi damai dari curahan air langit. Dan kesejukan di udara setelahnya. Kesemuanya seperti perasaan manusia. Bila marah, marahlah. Asal jangan merusak diri dan orang lain. Kalau berkeluh, katakanlah, sepertinya jalan keluar untuk setiap masalah pasti ada. Bila bersedih, berbagilah kepada orang yang tepat, yang mungkin bisa mendamaikan hati.

Seketika saya teringat hal yang sering saya lakukan dulu, bila ingin menangis, berjalanlah di tengah hujan. Lalu menangislah, tidak ada orang yang akan menertawakan atau merendahkan. Air mata dan air hujan di wajah, siapa yang bisa membedakan?





Labels: , , ,

Eleazhar P. @ 10/30/2011 01:46:00 PM.

0 Comments:

Post a Comment

Back to blog homepage...
  Web This Blog

 

:: Blogger + Designer

Eleazhar Purba. Indonesian, living in Jakarta. A parts logistics lead who is interested in arts, writings, designs, photos, and the universe. More...
Find me on:

:: Categories

:: Featured

:: Monthly Archives