The Cloud Home
by Eleazhar P.
:: Tuesday, January 7, 2014
Perihal Bahasa Inggris dan Menguasainya Dalam Sebulan

Bukan berniat rendah hati juga rendah diri saat saya menuliskan post ini, karena saya merasa tidaklah sejago orang lain dalam berbahasa Inggris. Masih banyak yang lebih jago. Ini lebih karena dua pesan yang masuk ke ponselku selama dua malam berturut, dari dua orang berbeda, yang menyatakan keinginannya untuk melanjutkan pendidikan Bahasa Inggris mereka. Saya sangat mendukung niat mereka. Dan sebagai bagian dari dukungan saya, saya berbagi tips cepat menguasai bahasa ini.

Ketahuilah, Bahasa Inggris adalah lingua franca, dan sebagai bahasa terbanyak dipergunakan di dunia untuk menuliskan informasi akademis. Jadi, saya setuju kalau pemahaman dan penggunaan Bahasa Inggris di lingkup akademis dan sehari-hari sangat membantu rakyat suatu negara untuk jauh lebih pintar, tidak dibodoh-bodohi oleh siapapun yang merasa sebagai kaum elit.

Dan bagi saya pribadi, kemampuan saya berbahasa Inggris secara profesional sudah sangat membantu pencapaian profesional saya. Saya bisa cepat bergaul akrab dengan kolega lintas negara dan bangsa, pun merasa sangat setara dengan mereka dalam lingkup kerja internasional. Meski banyak yang tidak tahu perjuangan awal saya menguasai bahasa ini secara semi-otodidak. Di antaranya cibiran pedih seperti "anak kampung nggak usah sok berbahasa Inggris, memangnya mau kerja di mana nanti?! Paling cuma jadi PNS." Eh hei, saya bermimpi menjadi CEO besar saat itu.

Tanpa basa-basi lagi. Ini beberapa tips (hingga yang "ekstrim") dari saya untuk kamu bisa cepat menguasai Bahasa Inggris.
  • Bersikaplah masa bodoh dengan grammar sekalipun grammar itu sangat penting. Paling mendasar adalah kemauan dan niat kamu untuk menguasai. Berbicaralah saja, menulislah saja tanpa merasa terkekang dengan grammar.
  • Selalu kaji ulang tata bahasa setelah kamu menulis dan berbicara. Kamu bisa secara rutin pula merekam segala kalimat yang kamu ucapkan. Ulangi, perbaiki.
  • Rutin mendengarkan siaran berita dalam Bahasa Inggris. Setelah itu tuliskan intisari berita. Ini juga berlaku saat kamu menonton konten film berbahasa Inggris dengan sub teks terjemahan. Tutup sub teks tersebut, lakukan secara rutin untuk membiasakan kuping dan otak dengan cepat "nyambung" saat dihadapkan dengam kondisi berbahasa Inggris.
  • Ini yang cukup ekstrim, bila kamu mau, paksa diri kamu untuk selama sebulan penuh melakukan semua langkah di atas, dan TIDAK berbicara dalam bahasa apapun selain Inggris. Kepada siapapun harus berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.
Demikian saja tips dari saya. Bila kamu masih ada pertanyaan lanjutan, hubungi saya saja atau tinggalkan komentar pada post ini.

Posisi kamu di dunia profesional antarbangsa akan lebih moncer dengan kamu menguasai Bahasa Inggris.

Labels:

Eleazhar P. @ 1/07/2014 11:36:00 PM.

3 Comments:

"Hi Ele,,nice tips..
ada juga temanku nanya gimana belajar bahasa inggris,,aku bahkan tunjukkin facebookmu ke dia dan bilang kalau kau itu belajar otodidak dan membiasakan diri untuk menonton film western yang ada terjemahannya,,dia gak percaya,,untuk aku,,itu benar adanya dengan menonton bisa sedikit banyaknya tahu bahasa inggris"
 
  • On April 24, 2014 at 1:23 PM, Anonymous Anonymous said,
  • "i don't believe that you learn english by watching tv"
     
    "@anonymous - it's ok for someone not to believe such thing. :)"
     

    Post a Comment

    Back to blog homepage...
      Web This Blog

     

    :: Blogger + Designer

    Eleazhar Purba. Indonesian, living in Jakarta. A parts logistics lead who is interested in arts, writings, designs, photos, and the universe. More...
    Find me on:

    :: Categories

    :: Featured

    :: Monthly Archives