The Cloud Home
by Eleazhar P.
:: Sunday, November 15, 2015
Mimpi Tentang Bapak

Setelah sekian lama tidak mengalami mimpi tentang mendiang Bapak, siang tadi saya mengalami "pertemuan kembali" dengannya dalam tidur.

Saya tidak percaya ada hubungan antara mereka yang telah tiada dengan manusia-manusia yang masih hidup di dalam tubuh fananya.

Bapak terbaring di rumah sakit, latar belakangnya Jakarta, bukan kota kecil tempat kami bertumbuh itu.

Wajahnya masih sama seperti terakhir kali ia kulihat; saat saya mengantarnya ke Bandara Sukarno Hatta di siang tahun 2007 lalu. Saya masih menyimpan fotonya saat ia menaiki Batavia Air menuju Polonia, yang saya ambil dari anjungan pengantar. Itu satu-satunya foto yang merekam ingatan saya melihat Bapak sebelum ia tiada.

Tetapi aku, dan kedua adikku terlihat pada usia kami saat ini. Bukan seperti kami di tahun 2008.

Dan di atas ranjang pesakitan itu Bapak berbicara padaku.

"Kalau kau ingin tahu kenapa Bapak meninggal dulu, itu karena sakit jantung. Bukan karena kau bercerita ke Bapak tentang kesusahanmu di Surabaya. Jangan kau hukum dirimu selama bertahun-tahun. Sedih bapak..."

Dan saya menangis saat ia mengakhiri kalimatnya. Saya terbangun, mengingat-ingat kalimatnya, lalu menangis kembali.

Entahlah memang ini adalah suatu pesan darimu, Pak. Entahlah ini afirmasi dari diriku sendiri yang bermain dengan jiwaku. Entahlah memang kau bisa merasa beban yang rasanya mengikat di punggungku ini selama bertahun.

Apakah benar Bapak mengawasi kami dari tempatmu sekarang? Jika ya, Bapak tahu kan aku meneteskan air dari mataku lagi?


Photo by: Eleazhar P. in Sumur Tiga, Sabang, Weh Island, Aceh.

Labels: ,

Eleazhar P. @ 11/15/2015 09:36:00 PM.

0 Comments:

Post a Comment

Back to blog homepage...
  Web This Blog

 

:: Blogger + Designer

Eleazhar Purba. Indonesian, living in Jakarta. A parts logistics lead who is interested in arts, writings, designs, photos, and the universe. More...
Find me on:

:: Categories

:: Featured

:: Monthly Archives