The Cloud Home
by Eleazhar P.
:: Sunday, January 17, 2016
#TelusurJakarta: Santai di Stasiun Juanda

Post pertama di 2016, yaayyy!!

Sesuai apa yang aku sampaikan di akhir 2015 lalu; menjelajah lebih banyak tempat di tahun yang baru, maka pelan-pelan aku mewujudkannya. Di Februari nanti sudah dipastikan akan mendatangi satu tempat yang belum pernah kudatangi atau pikirkan sebelumnya. Mudah-mudahan tidak ada halangan. Dan, nggak perlu ke lokasi yang jauh-jauh saat ini, karena Jakarta sendiri cukup menyenangkan untuk dikelilingi. Hahaha, dari mane aje lu, El, hampir 10 tahun di Jakarta tapi rutenya seringnya kantor-rumah melulu? Ya maaf, hatiku kan bertahun-tahun tertutup. :p

Okelah, jadi Sabtu kemarin aku bingung, tiduran saja di apartment. Sebenarnya masih capek, karena hari sebelumnya, Jumat, kantor diliburkan karena teror bom Sarinah, dan itu aku manfaatkan mengurus sesuatu di rumah Pisces di Cileungsi sana, yang dilanjut dengan nge-mall sepulangnya (yay, #KamiTidakTakut). Tetiba ada mood yang membuat aku kesurupan untuk jalan keluar.

Niat awal adalah mengunjungi pelabuhan ikan Muara Baru. Dulu banget, sekitar tahun 2008 aku sering ke sini hampir tiap minggunya untuk inspeksi produk seafood. Dan terakhir ke sana itu di tahun 2013, waktu mengantar adikku melihat tempat interviewnya saat ia baru menginjak Jakarta. Jadi  kupikir, mungkin akan ada obyek foto menarik sambil aku bisa melihat laut (keringgggg!! Terakhir melihat laut itu Oktober lalu di Belitung).

Rencana menjadi rencana semata. Saat kereta commuterline yang saya tumpangi tiba di Cawang, ada firasat nggak enak. Something inside instructed me to go to Kota. Dan akhirnya, turunlah aku di Stasiun Juanda.

Dan bagi kamu yang belum pernah ke Stasiun Juanda ini, bisa kubilang kalau stasiun ini bersih! Nyaman pula. Ada tiga lantai, dan ada banyak tenant makanan minuman di sini, yang sayangnya berada di luar area sebelum tap kartu masuk. Sayang karena sekarang nggak ada lagi fasilitas free-out di stasiun yang sama, semisal kita mau membeli makanan minuman di luar, setelah kita berada di area utama stasiun. Ada beberapa warung kopi, dan retail chain semacam Indomaret dan Circle-K. ATM gallery juga ada, toiletpun bersih (aku sempat BAB di sini).

Nah, setelah membeli makanan minuman secukupnya, naiklah aku ke area utama kereta, peron menuju Manggarai. Sambil duduk-duduk, kulihat kok kayaknya bisa nih ambil beberapa foto (sengaja memang, membawa mirrorless camera Samsung NXmini).

Snap! Snap! Dapatlah beberapa foto human interest dan urban transport, landscape Jakarta berlatar Monas (sumpahhh.. Bertahun-tahun di Jakarta, baru kali ini aku memfoto Monas, hahaha..), juga bermain dengan bola kristal Clear Quartz dan matahari (lines, sphere, and lights). And oh, pembicaraan penumpang kereta juga menarik untuk dikuping (istilah apa ini? Ehehehehe). Plus, human interaction! I was in happy joy in seeing a couple, husband-wife, whose eyes are sparkling true love toward each other. Hatiku meleleh, makkk.... :D

Well anyway, ini jalan-jalan kota yang murah. Bisa merasakan dan mendengar lebih cerita penduduk kota ini, juga melihat ekspresi raut wajah manusia. Nggak harus naik pesawat, menjelajah antar pulau toh (ya kali, nambah-nambahi mileage frequent flyer saya biar dapat award ticket).

Foto-foto lebih jelas di Stasiun Juanda ini - seperti biasa, bisa dilihat di www.instagram.com/eleazhar_p . Kunjungi ya.


Labels: , , ,

Eleazhar P. @ 1/17/2016 07:40:00 PM.

0 Comments:

Post a Comment

Back to blog homepage...
  Web This Blog

 

:: Blogger + Designer

Eleazhar Purba. Indonesian, living in Jakarta. A parts logistics lead who is interested in arts, writings, designs, photos, and the universe. More...
Find me on:

:: Categories

:: Featured

:: Monthly Archives