The Cloud Home
by Eleazhar P.
:: Thursday, June 22, 2017
Tentang Pulang

Saya masih membuka aplikasi pemesanan tiket di ponsel saya malam ini, saat saya baru mengetik isi pesan out-of-office di Outlook. Saya masih bimbang, apakah saya akan menjalani perjalanan di libur panjang Lebaran tahun ini, atau hanya berdiam di Jakarta.

Beberapa rekan kantor sedang dalam perjalanan pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Warga di sekitar lingkungan tempat tinggal, malam ini terlihat berangkat bersama-sama mudik ke kampung halaman. Pada percakapan mereka yang kucuri dengar saat lewat, tersebut nama-nama daerah di beberapa provinsi di Pulau Jawa, juga Lampung.

Lingkungan apartment pun malam ini sepi. Lahan parkir yang biasa dipenuhi mobil para penghuni, kali ini lebih dari separuhnya kosong.

Tahun lalu, sayapun ikut mudik ke Sumatra Utara dengan adik saya, tepat di malam takbiran. Ada kesenangan tersendiri, saat berada di udara, dan lapisan di bawahnya dipenuhi kembang api di sepanjang perjalanan di atas Pulau Sumatra.

Tahun ini, saya meragu. Antara merasa sayang akan ongkosnya - meski sudah menerima THR dan bonus, dan rasa aneh untuk mengetuk saya untuk tetap di Jakarta, meski jelas saya saat ini merasa sangat membutuhkan penyegaran dengan keluar dari rutinitas ibukota ini.

Saya kembali membuka arsip foto dari Whatsapp chat dengan adik saya, yang hampir setiap hari mengirimkan kabar dan gambar tentang ibu kami, dan bagaimana mereka berjuang setiap hari. Rasa bangga, kagum, prihatin, sesekali membuat perasaan saya menjadi basah di dalam. Ucapku di hati, "you're still working this hard, Mak... I don't want my Mamak to be like this. I want to end this, we all need to stay together..."

Saya ingin sekali berlibur kembali, kali ini dengan ibu dan adik-adik saya. Entah ke Padang, atau di Sumatra Utara seperti Februari lalu. Tetapi entah, urusan kepergian dan perjalanan yang biasanya sangat enteng saya lakukan, kali ini terasa berat.
Photo of myself during #eapgetawayfeb2016, captured by Vera, stylized by myself.

Labels: , ,

Eleazhar P. @ 6/22/2017 10:50:00 PM.

0 Comments:

Post a Comment

Back to blog homepage...
  Web This Blog

 

:: Blogger + Designer

Eleazhar Purba. Indonesian, living in Jakarta. A parts logistics lead who is interested in arts, writings, designs, photos, and the universe. More...
Find me on:

:: Categories

:: Featured

:: Monthly Archives